Ayo Pilih Kota Mana?

Jakarta Macet Total Tahun 2015

Enjoy Jakarta, itulah tagline promosi pariwisata di ibukota Indonesia ini. Anda diharapkan untuk enjoy alias menikmati segala sesuatu yang tersedia di kota ini, termasuk didalamnya kemacetan yang kian menyengsarakan.

Setiap hari pada jam – jam sibuk, kemacetan terjadi hampir diseluruh ruas jalan, baik dalam kota maupun yang mengarah ke dalam kota Jakarta.

Ini terjadi karena, pertumbuhan luas jalan di jakarta hanya 0,01 persen pertahun. Sedangkan pertumbuhan penggunaan mobil setiap tahun yang mencapai 10 persen pertahun serta serta motor yang mencapai 15 persen pertahun.

Bayangkan luas jalan di Jakarta hanya 40,1 kilometer perseg/ atau hanya 0,26 persen luas kota ini Sedangkan menurut data Polda Metro Jaya, pada tahun 2007 saja  kepemilikan mobil mencapai 2, 2 juta dan motor 3,5 juta unit.

Dengan kata lain, pertumbuhan motor baru mencapai 800 unit per hari dan mobil baru 220 unit per hari. Itu tidak sebanding dengan pertumbuhan luas jalan yang hanya 401 meter persegi saja setiap tahunnya.

Bahkan sebuah hitung – hitungan matematis, menunjukkan jika kondisi ini terus berlanjut, Jakarta akan mecet total pada tahun 2015. Akibat kemacetan ini, sektor usaha di rugikan hingga mencapai Rp 12,8 triliun pertahun, sebuah angka yang fantastis.

Enjoy Jakarta, nampaknya pengguna ibu kota ini harus terus mengurut dada, sekaligus melatih kesabaran, terjebak dalam kemacetan setiap hari. Enjoy Jakarta, nikmatilah kondisi Jakarta yang berada ditangan ahlinya.

Tertibnya Kota Yogyakarta

Kota Yogyakarta meraih Piala Wahana Tata Nugraha (WTN) tahun 2005. Penganugerahan piala yang berkenaan dengan lomba tertib lalu lintas itu dilakukan Menhub M Hatta Rajasa di Dephub Jakarta, Rabu (23/3).

Menhub M Hatta Rajasa menuturkan, pemberian penghargaan Wahana Tata Nugraha (WTN) bukanlah merupakan tujuan akhir, akan tetapi lebih merupakan sarana pembangkit semangat untuk mewujudkan penyelenggaraan transportasi perkotaan yang efisien dan berkualitas.

“Untuk mewujudkan kondisi seperti itu diperlukan upaya sistematis, bersungguh-sungguh dan sinergi dari berbagai komponen yang terkait,” ujarnya saat menyerahkan penghargaan Wahana Tata Nugraha di Gedung Dephub, Jakarta, Rabu (23/3).

Hatta meminta perhatian, terutama kepada para Bupati dan Walikota, untuk memberi perhatian yang sungguh-sungguh bagi upaya mewujudkan kondisi angkutan kota yang baik di wilayah masing-masing.

Lomba ini dimaksudkan untuk mewujudkan visi mendorong Pemprov, kabupaten/kota meningkatkan tertib lalu lintas dan angkutan kota, dan mendorong peran serta masyarakat dalam upaya meningkatkan disiplin lalu lintas. Kegiatan lomba tersebut juga diselenggarakan mengemban misi terwujudnya peningkatan pelayanan jasa angkutan umum, serta terwujudnya sistem transportasi kota yang efektif, berkualitas, tertib, lancar, aman, cepat, teratur, selamat, nyaman, dan efisien.

Sumber:

Metrotvnews.com, Jakarta

http://www.kr.co.id

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s